TRAVEL: KEBUN BINATANG BANDUNG

5:29 am

Tanggal 04 Juni kemarin saya dan Sendy main-main ke Kebun Binatang Bandung. Diluar rencana sama sekali karena niat awalnya cuma mau makan siang Soto Madura yang ada di daerah situ, nah karena parkirnya malah di tempat parkir khusus untuk pengunjung Kebun Binatang Bandung dan harus dibayar langsung IDR 5.000 (kemahalan menurut saya kalau cuma luntuk parkir motor yang niatnya cuma untuk makan saja) akhirnya setelah makan masuk deh kita ke Kebun Binatang Bandung.






Udah lama banget sebenernya saya gapernah kesini, kalau lewat-lewat doang mah sering. Belakangan memang sering terdengar kabar yang kurang baik sih tentang penghuni Kebun Binatang Bandung. Ada yang bilang beginilah, begitulah dan hari itu saya akan membuktikan sendiri kabar-kabar yang beredar adanya adalah benar atau tidak :D


Masuk ke pintu utamanya, langsung menuju pos penjualan tiketnya yang menurut saya biasa aja, kaya pos satpam gitu. Oia, ada 2 loket antrian. Harga tiket pun  dipajang dan cuma di print dikertas biasa, terpampang nyata tepat di kaca-kaca pos tsb. Harga Tiket Masuknya IDR 20.000 (untuk usia diatas 3 tahun), jadi kalau bawa anak usia dibawah itu masih gratis lho.

Setelah masuk, kita langsung merasakan sejuknya hutan kota. Banyak banget pepohonan, jalanan didalam Kebun Binatangnya juga naik turun jadi lumayan ajasih buat olahraga mah. Agak jauh untuk langsung melihat hewan-hewan disana soalnya banyak lapangan kosong gitu. Dan kita linglung, karena sama sekali nggak ada papan petunjuk arah (setelah pulang ternyata papan petunjuknya ada satu, tadi ngga keliatan makanya nggak kita sadari dari tadi dia disitu, karena papan itu pun kurang jelas, salah penempatan dan kurang besar juga ukurannya menurut saya).

Disana juga ada area permainan air yang jalannya lumayan gitu mesti turun kebawah #lagi (karena dari tadi sebenernya saya udah turun), keliatan dari atas ada danau-danau buatan dan perahu gitu. Saya sih nggak kesana karena nggak bawa anak kecil jadi rasanya nggak perlu aja hehehe

Hewan yang pertama kali yang saya liat itu Buaya, macem-macem buaya. Ada buaya Rawa yang dalam satu kandangnya itu banyak banget, rame-rame  -_-"

Buaya Rawa

Terus saya liat ada Beruang, saya lupa ini jenisnya apa. Tapi lucunya beruang ini kecil, warnanya hitam pekat dan bisa berdiri saat ada pengunjung yang memberinya makan, mereka (beruangnya) semangat banget nyamperin gitu. Dan tapi disekitaran kandangnya ini bau, jadi saya nggak tahan kalo lama-lama liat beruang ini.
Beruang


Setelah itu saya liat ada buaya Sumatera, gede banget sumpah. Sereem! Tapi disini dia nggak terlalu banyakan gitu hehehe
Buaya Sumatera

Oia, sedihnya sekat/pembatas kandangnya itu setengah tembok dan ternyata sebelah lainnya itu cuma pager kawat macam kaya diatas. Saya nggak yakin pagernya kuat sih kalau sampe itu buaya ngamuk-ngamuk (walaupun yang saya liat memang buaya-buaya nya gegana semua, mereka diem aja, bengong hehehe). Mana kawatnya pun sudah tua juga terhalangi semak-semak jadi bawaannya serem aja sih kalo buat saya :(

Menelusuri lorong kawat buaya tadi, ternyata bagian belakang kandangnya itu dipakai kandang-kandang juga. Tembok tinggi yang bagian depannya dilapisi kaca (saya kurang tau sih kaca apaan, soalnya mirip plastik dan kalau kita mau mengambil gambar hasilnya mantul gitu) oia di dalam kandangnya ternyata nggak ada hewan apapun, pdahal kandangnya berjejer lumayan banyak loh. Yang saya pikirkan apakah hewannya baik-baik saja? :(

Nggak jauh dari situ saya liat ikan-ikan, standar sih; cuma ikan mas yang saya ingat. Terus ada kura-kura. Ada yang dikurung hanya berlima dan ada juga yang rombongan kaya dibawah ini :p
Kura-Kura

Ini sih biasanya dipisahkan berdasarkan jenisnya, tapi nggak saya ingat hehehe
Oia terus ada buaya lagi, tapi saya lupa jenisnya. Dia lebih panjang dan dikandangnya cuma ada dua ekor aja. Satu lagi temannya nggak saya foto.

Buaya lainnya di Kebun Binatang Bandung

Abis liat yang serem-serem, kita liat macam-macam unggas sekarang. Ada burung Flamingo, Ibis Kepala Hitam, Bluwok Warna, Bango Tongtong dan masih banyak banget jenis lainnya.



Unggas yang terakhir ini sebenernya yang paling lucu, karena warnanya yang bagus, ukurannya yang lebih besar dari pada yang lainnya dan juga karena memang unggasnya asik-asik gitu, pada terbang, berenang dan makan. Namun berada disekitar kandangnya sungguh bau sekali, lebih bau dari kandang beruang tadi hufffft.

Masih disekitaran unggas yaitu burung-burung yang aneh bin unik karena hitam-hitam seraaam sih menurut saya. Saya nggak ngerti kenap pacar saya liat-liat dan foto burung seram ini, dan maafkan saya sama sekali nggak inget nama-namanya burung ini -.-



Ada juga yang lebih aneh, ini burungnya mirip ayam hehehe

Dan lalu setelah itu saya liat-liat burung merak, kebetulan banget sayapnya juga lagi terbuka. Cantik banget deh.. Liat! Oia tapi itu merak jantan sih, jadi harusnya ganteng banget yaa? :p


Burung Merak

Setelah itu kita pun melihat-lihat rusa, ada 2 macam gitu, kandangnya sebrangan (tapi nggak dapet fotonya) hehe. Setelah itu lihat-lihat burung merak lagi, dan memang kebanyakannya burung sih di Kebun Binatang Bandung ini tuh huhu

Berjalan agak jauh, kita lihat banteng yang lagi makan. Dia makan ubi lho.. Bener nggak sih ini Banteng? Hehehe

Terus abis itu kita lihat Unta, yang bisa kita naikin dengan bayar beberapa rupiah. Untanya cuma satu dan kasian :( lalu kita lihat Gajah, kalau nggak salah sih Gajah Sumatera. Gede banget loh aslinya dibandingkan foto sih jauh.

Gajah Sumatera

Dari tadi muter-muter Sendy sebenernya nyari in Burung Rajawali, kalo saya sih pengen liat Singa atau Harimau. Tapi karna udah kejauhan akhirnya kita putuskan untuk pulang sampe ternyata balik lagi ke kandang-kandang unggas dan lalu nemu beberapa hewan lainnya dibawah ini:





Dan lalu ketemu deh kita sama Beruang yang Lucu banget, mirip banget sama Misha ( Beruang yang ada di Masha and the Bear ). Beruangnya gede banget, kalo di foto tampak lebih kecil.

Beruang

Tuh kan lucu banget, mana dia hopeless gitu kaya minta untuk diajak pulang hehehe

Sebelahan sama si Beruang, lalu bertemulah kita dengan si Harimau yang saya mau :p


Dan sempet selfie bareng juga loh saya sama si Harimau nya lol


Sambil nyari jalan pulang saya dan Sendy pun akhirnya dapat melihat Singa dan beberapa harimau lagi. Singa-Singa nya dikurung di tembok dengan penghalang Kaca bagian depannya, dalam sebuah lorong, banyak banget kandangnya berjejer. Untuk harimau kebanyakan pada tidur hihihi dan kalau untuk Singa, mondar-mandir gajelas seperti foto dibawah ini.

***

Yeaaay! Akhirnya selesai sudah perjalanan saya di Kebun Binatang Bandung. Nggak lama ko, liat-liat hewan sebanyak itu saya sama Sendy cuma sekitar 1 jam doang muter-muter disana. Disana kita nggak makan lagi, karena udah makan. Cuma bawa minum aja yang kebetulan sebelumnya dibeli di minimarket. Tapi nggak usah khawatir karena didalamnya banyak banget kios dan juga ada foodcourt. Ada CFC juga loh, dan memang beberapa kios banyak yang sudah tutup gitu.

Untuk fasilitasnya sendiri, memang banyak kekurangan karena banyak kandang yang kosong. Oia untuk kandang Ular malahan pada kosong banget dan ada juga satu ular yang dikandangin tapi ularnya udah di air keras. Ada lagi yang lebih aneh, Dalan keterangan katanya adalah kandang "IGUANA" tapi isinya ada satu ular yang lagi bobo, gede banget ularnya, sereeeem banget dah menurut saya mh :(

Untuk kebersihan lumayan terjaga, banyak tong sampah dan beberapa petugas kebersihan yang nggak berhenti kerja. Tapi kalau dilihat dari kebersihan kandang si hewan, kurang sih kalau menurut saya. Kandangnya malah terlihat horor, apalagi untuk kandang yang kosong-kosong.

Area nya luas tapi penghuni Kebun Binatangnya kurang, saya ngga lihat burung unta seperti waktu saya masih kecil dulu kesana. Saya nggak lihat gorila/monyet gede atau apalah itu namanya. Dan burung Rajawali/ entah burung Cendrawasih yang Sendy cari juga ngga ketemu. Saya juga ngga lihat jerapah, mudah-mudahan memang saya nya aja yang kurang berkeliling disana.

Sekian cerita kami, ada yang pernah maen-maen ke Kebun Binatang Bandung juga? Gimana sih menurut kalian?



Thanks for stopping by^^ 
For any question or just wanna say hi to me 

You Might Also Like

0 komentar

2 Popular Posts

Like me on Facebook

Flickr Images

Subscribe