TRAVEL: GLAMPING DI TANAKITA CAMPING GROUND SUKABUMI

10:18 pm

Glamping di Tanakita
source: Tanakita Website
Assalamualaikum ladies, beberapa waktu lalu saya dapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam YOU.C 1000 Fresh Camp 2016. Dua ribu enam belas? Yes, karena sepertinya tahun depan acaranya akan datang kembali... yeaaay! Buat yang ketinggalan Fresh Camp kemarin bisa banget ikutan acara tahun depan ya. Untuk YOU.C 1000 Fresh Camp 2016 kemarin sendiri, sekaligus Fresh Camp pertama yang diadakan oleh YOU.C 1000 yang bekerja sama dengan Majalah Cosmogirl itu diadakan di Tanakita Camping Ground Sukabumi. Mengikuti Glamping di Tanakita Sukabumi ini merupakan kali pertama bagi saya lho.

Apa itu Glamping?
Glamping atau kepanjangan dari Glamorous Camping itu merupakan acara perkemahan yang membuat setiap pesertanya tidak perlu repot-repot membawa peralatan seperti saat akan camp sendiri. Beberapa orang menyebutnya bahkan Hotel dengan nuansa alam, karena sama sekali nggak perlu bawa tenda, selimut ataupun bekal makanan. Saat Glamping, semua peralatan Camp tersedia lengkap begitu juga dengan makanan yang mana biasanya dapat fasilitas untuk makan.
Tempat untuk Glamping sendiri sudah mulai bermunculan, banyak banget pilihannya apalagi di Bandung. Namun karena kemarin saya sudah merasakan sendiri Glamping selama 3 hari 2 malam di Tanakita Sukabumi. Saya mau sedikit cerita tentang Tanakita Camping Ground untuk kali ini.

Tanakita camping ground terletak di depan Taman Nasional Gede Pangrango, Kadudampit, Cisaat, Sukabumi. Berada di kaki gunung, Tanakita berketinggian 1.100 dpl. Dengan kondisi cuaca rata-rata 20° – 22° C (siang hari), 18° – 20° C (malam hari), dan kelembapan 85%.

Cuaca disana memang nggak begitu dingin menurut saya sebagai orang asli Bandung (Kab. Bandung) yang sudah terbiasa dengan cuaca Bandung yang cukup sejuk. Walaupun sekarang Bandung lumayan panas juga.

Waktu tempuh menuju Tanakita Camping Ground ini lumayan jauh, meskipun kemarin kesana setelah mengunjungi Pabrik YOU.C 1000 di daerah Cicurug yang mana sama-sama di Sukabumi dan harusnya deket tapi perjalanan kesana masih harus ditempuh selama 2 jam. Begitu pun jalanannya yang semakin mengecil, mendaki dan jalannya masih berbatu. Mobil yang paling efektif untuk kesana itu adalah mobil-mobil kecil. Tapi nggak perlu khawatir karena angkutan umum pun tersedia untuk sampai di lokasinya, sehingga nggak harus pakai mobil pribadi. Saya sendiri beserta rombongan YOU.C 1000 menggunakan mobil elf dan masih teuteup harus jalan kaki, sedikit. Rombongan kedua menggunakan bus pun harus pindah mobil untuk sampai di lokasi.

Setelah sampai di Tanakita, pastinya harus check in. Makanya banyak yang bilang kalau Glamping itu kemping bintang 5. Saya sendiri nggak pakai check in. Langsung masuk tenda aja bareng temen-temen satu group. 


Source: Tanakita Website


Satu tenda itu memang untuk 3 orang. Dan lumayan luas untuk ukuran Camp. Sudah tersedia tenda berkasur, dilengkapi dengan kantung tidur dan bantal. Dan ada colokan listrik pula hahaha Camp macam apa ini? biasanya kalau Kemping tuh nyari sinyal aja susah, apalagi sumber listrik lol


suasana malam di Tanakita Sukabumi
Dengan Luas area 2 hektar, Tanakita bisa menampung kurang lebih 200 orang. Tetapi untuk lokasinya mungkin disesuaikan dengan kegiatannya sendiri. Sebelum berangkat ke Tanakita, saya sempat cari tau tentang Tanakita dan lokasi yang saya pakai ini memang sedikit berbeda dengan yang sudah di share oleh kebanyakan orang. Mungkin karena acara YOU.C 1000 Fresh Camp ini rombongan besar jadi tempatnya terpisah jauh dengan yang terbuka untuk umum/perorangan. Saat menuju kegiatan River Tubing, naik turun bukit dan melewati hutan gitu, kita menemukan perkemahan lainnya dengan jarak yang cukup jauh. Tetapi untuk fasilitas kurang lebih sama.


Source: Laras
Hari pertama sampai di Tanakita, ternyata saya haid (hal ini jadi alasan kenapa foto-foto saat disana jadi sedikit banget karena bawaannya moody) malah curhat haha. Saya sempet panik nih lagi mens tapi ikutan camp. Namun ternyata toilet disana ada kurang lebih 7 atau 8. Dibawah ada 5 dan sisanya satu area dengan tenda saya (menyatu dengan Function Hall) itu ada 2/3. Saya lupa, karena kamar mandi yang itu mati lampu katanya jadi hampir semua peserta selalu pakai kamar mandi yang berada dibawah. Uniknya disana bisa mandi dengan air panas dan dingin di toilet dengan shower dan atau bath tub. Kamar mandinya luas, bersih dan cukup nyaman walaupun paling males kalau urusan ngantrinya.


Source: Laras


Source: Laras

Setiap harinya saya dapat fasilitas 3 x makan  (1 x makan siang, 1 x makan malam dan  1 x sarapan) dan 2 x kudapan. Intinya nggak kekurangan makanan sama sekali. Makanan yang disajikan kurang lebih masakan sunda dan enak. Dilihat dari koki nya adalah akang-akang yang membantu kita selama camp disana.  Air panas, teh, kopi, air putih tersedia 24 jam. Tapi kalau cari mie instan kayanya nggak ada. Mending bekel aja, soalnya makanan disana empat sehat lima sempurna banget. Menu tiap harinya ganti-ganti. Dari ayam goreng, gepuk, ikan goreng, sayur asem, lalapan dan buah. Tapi kalau kemping dan nggak makan mie, saya sih merasa aneh dan beneran ngidam Indomie pas selesai Glamping ini tuh hahahah


Source: Laras
Tanakita dilengkapi dengan Rumamera, sebuah villa di camping area dengan fungsi sebagai ruang pertemuan yang sudah dilengkapi pula dengan peralatan presentasi seperti white board, flip chart dan LCD projector dan layarnya. Maksimum digunakan untuk sekitar 30 orang, makanya terbilang sempit sih waktu 34 peserta YOU.C 1000 Fresh Camp beserta pihak YOU.C 1000 dan tim Cosmogirl mengadakan kegiatan disana. Terasa sempit karena dilengkapi meja dan kursi gitu didalamnya.

Kegiatan selama di Tanakita cukup padat, karena yang bikin agendanya adalah pihak YOU.C 1000 dan Cosmogirl. Pada postingan selanjutnya akan saya share tentang kegiatan selama mengikuti Fresh Camp kemarin lengkap. Tapi beberapa aktivitas yang saya jalani kemarin diantaranya Api Unggun & BBQ, serta Water Tubing dan semacam Jalan-jalan gitu ke Danau Situ  Gunung. Aktivitas lainnya yang dapat kita lakukan di Tanakita Camp Ground pun banyak banget diantaranya: High ropes, Canoing di Situ Gunung, Trekking malam di sekitar area Tanakita, Rappelling di air terjun, Pengamatan Flora dan Fauna.


Source: Laras
Saat Api Unggun, kita gaperlu cari kayu bakarnya. Api unggun pun sudah tersedia dan setiap kegiatan disana itu on time, rapi dan cekatan aja tersedia oleh pihak Tanakita. Jadi tinggal duduk manis cari tempat favorite yang nggak kena asap.


Source: Laras
Source: Laras
Begitu juga saat BBQ, awalnya nggak begitu tertarik karena adanya Kambing Guling sedangkan saya nggak makan daging kambing. Namun ternyata tersedia kentang goreng, sosis bakar, udang bakar dll. Bumbu dan saus nya pun lengkap. Kita cukup pilih menu favorite kita terus duduk manis sambil menikmati api unggun dan temen-temen yang sedang asik bernyanyi. Semua menu BBQ disediakan dan dilayani pihak Tanakita.


Saya juga sempat main-main ke danau di Situ Gunung. Jalan kaki tetapi sebenarnya perjalanannya bisa ditempuh dengan ojek karena lumayan jauh juga. Danau nya pun lumayan ramai dikunjungi. Udara dan pemandangannya bikin adem.


River Tubing, kegiatan ini yang paling bikin penasaran. Sebelum mulai kita brifing dan berdo’a dulu. Nggak lupa kita juga dibantu untuk memakai pengamannya sebelum harus masuk hutan dan maen air disungai dengan bebatuan serta suasana alami hutan. Waktu itu debit airnya lagi kecil dan bagus nggak bagus katanya. Tapi saya seneng karena yang saya takutkan adalah kelelep disungai hehe. Maksimal untuk River Tubing ini 30 orang, tim nya lumayan banyak dan saat dimulai dibagi kedalam 3 pos. Nantinya disetiap titik yang kemungkinan kita terguling dan lepas dari ban selalu ada panitia yang siaga, pegang in ban atau kita nya supaya nggak tenggelam, tapi nggak bisa di prediksi juga dimana kita bisa terguling dan lepas dari ban. Intinya gausah panik dan saat briefing, patuhi semua instruksi nya saja, sehingga bisa dipastikan kita bakalan aman terus. Saat sampai di pos kedua kita di sedia in air teh hangat. Dan di pos terakhir lengkap tersedia bersama cemilan.
Tips selama di Tanakita:
1.      Bawa jaket, meskipun pas kesana nggak begitu dingin karena memang lagi musim kemarau.
2.      Bawa payung dan jas hujan, lagi musim kemarau tapi suka tiba-tiba gerimis dan hujan.
3.      Bawa handuk dan toiletries.
4.      Bawa obat-obatan pribadi. Tapi saya yang biasanya dikit-dikit sakit kepala, selama di Tanakita sama sekali nggak kumat. Selain karena udaranya yang sejuk, kegiatan Fresh Camp ini memang bikin pikiran dan badan kita relax.
Nb: tambahannya mungkin karena selama disana selalu minum YOU.C 1000 Vitamin :)
5.      Bawa senter, kemarin saya sendiri lupa nggak bawa dan sempat mati lampu disana.
6.    Bawa Sendal/sepatu gunung, sendal mending digunakan saat berada di area camp. Saat kegiatan seperti river tubing lebih baik menggunakan sepatu gunung.
7.      Bawa kayu putih, obat masuk angin.
8.      bawa lotion anti nyamuk.
Kalau setelah baca postingan ini, ada yang ingin merasakan Glamping di Tanakita, harga Glamping di Tanakita untuk per orangan dan keluarga (non-perusahaan) IDR 550.000/orang. Biaya ini tidak termasuk biaya aktivitas (high ropes, river tubing dll).
Berikut saya infokan juga Cara menuju ke Tanakita:
Dengan kendaraan pribadi. Dari Bogor, ambil arah yang menuju Sukabumi melewati Ciawi. Tepat sebelum Polres Cisaat, ada jalan menuju ke kiri. Silahkan lurus sampai dapat gerbang Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP) di Kadudampit. Tanakita terletak sekitar 200 meter arah ke kiri dari gerbang TNGP.
Dengan kendaraan umum. Di depan Terminal Bogor, ada kendaraan umum trayek Bogor-Sukabumi, tipe L300 yang stand by 24 jam. Dari Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Depok juga tersedia bis menuju Sukabumi yang lewat di depan Polres Cisaat. Dari Polres Cisaat, sampai jam 8 malam, tersedia angkot tipe mikrolet warna merah menuju gerbang TNGP. Selain mikrolet, tersedia ojek yang stand by 24 jam dan bisa mengantar sampai Tanakita.
Dengan kereta. Dari Stasiun Bogor tersedia kereta arah Sukabumi yang singgah di Stasiun Cisaat. Dari Stasiun Cisaat ke Tanakita, bisa ditempuh dengan ojek. Jadwal pemberangkatan kereta setiap hari adalah 07:55 am, 13:25 am dan 18:30 pm. Tiket bisa dibeli di sini kereta-api.co.id atau di Alfamart terdekat.
Lokasi Situgunung, Kadudampit, Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat
Reservasi Jl. Lamandau IV No.17, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12130
Phone +6221 7200469, Fax +6221 7269761, tanakita@rakata.co.id



Thanks for stopping by^^ 
For any question or just wanna say hi to me 

You Might Also Like

0 komentar

2 Popular Posts

Like me on Facebook

Flickr Images

Subscribe