Event Report: Ngopi Cantik #3 all about BEAUTIESQUAD

10:45 pm


Ngopi Cantik Beautiesquad

Assalamualaikum ladies.
Untuk pertama kalinya saya mengikuti sebuah acara yang berhubungan dengan Blog namun acara tersebut berlangsung secara online. Nggak ada kumpul di Cafe, saling tatap muka ataupun bisa foto bareng. Acara apa hayoooo? Yup, sesuai judulnya acara tersebut adalah Ngopi Cantik Beautiesquad dengan tema Beautiesquad 101 bareng Vina Eska. Acara ini memang rutin dilakukan dan sudah masuk dalam acara ngopi cantik ketiganya Beautiesquad. Bedanya kali ini merupakan edisi special karena bertepatan dengan Beautiesquad First Anniversary. Yeaaaay, Congratulations Beautiesquad! semoga kompak selalu yaa. Kira-kira disini ada yang belum tahu BEAUTIESQUAD nggak sih?

Saya pun tahu tentang semua BEAUTIESQUAD pada acara ngopi cantik tersebut yang berlangsung bersama kurang lebih delapan puluh orang lainnya. Iya, memang banyak banget yang ingin mengetahui lebih dalam tentang komunitas yang sedang populer ini. Acaranya nggak lama kok, hanya sekitar tiga jam saja. lalu dari tiga jam itu apa yang bisa saya dapatkan? Scroll sampai bawah yaa.

TENTANG BEAUTIESQUAD
Beautiesquad atau biasa disingkat BS merupakan komunitas beauty blogger dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki tujuan menyatukan para beauty blogger Indonesia pada wadah yang sama untuk belajar dan berkembang bersama. Didirikan pada November tahun 2016. Tepatnya tanggal tanggal 23 November 2016 yang merupakan hari dimana kolaborasi makeup pertama Beautiesquad digelar.

Sejarahnya sendiri lumayan panjang namun intinya sampai saat ini Beautiesquad terus berkembang untuk menjadi komunitas yang mewadahi Beauty Blogger di Indonesia agar bisa sama - sama berkembang. Hal ini terus dilakukan dengan berjalannya waktu yang mengacu pada Visi dan Misi awal terbentuknya Beautiesquad.
VISI DAN MISI BEAUTIESQUAD
Visi:
1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia
2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer

Misi:
1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan
2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand
3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan
4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (soon)
Yuuuuuu, yang punya visi dan misi sama dengan BS dan ingin segera bergabung. Jangan sampai ngedip untuk tahu BS lebih dalam lagi.


Ngopi Cantik Beautiesquad
SUSUNAN BEAUTIESQUAD OFFICERS saat ini diisi sebagai berikut:
Founder: Virly KA, Annisa Pertiwi, dan Liana Eka
Main Founder of Beautiesquad: Virly KA
Tugas founder disini adalah mengambil keputusan cepat dan tegas demi kelancaran visi dan misi BS. Selain itu memantau officers melakukan tugas sesuai ketentuan.

Chief Officer: Vina Eska.
Tugasnya adalah melaksanakan visi dan misi yang sudah dibentuk oleh founder dan melaksanakan keputusan yang dibuat. Juga turut membantu founder dalam memantau progres kerja officers. Selain itu juga turut memantau, membantu, dan memberikan para member semangat dalam menjalani dunia blogger.

Community Relations:
Lia Melqha (Lia), sebagai supervisor
Fuji Astyani (Fuji) sebagai sekretaris dan SEO Analysis
Officers yang bertanggungjawab dalam divisi Community Relations ada 3 orang: Liana Eka (Liana), Ariani Rosidi (Aya), dan Rahma Brilianita (Rahma).
Tugas mereka selain menjembatani BS dengan brand, juga menjembatani para member dengan BS dan brand. Melakukan proker bulanan seperti collab, ngopi cantik, dan proker lainnya yang akan berjalan nantinya. Dan PR lah yang membantu Chief Officer dan founder memutuskan anak – anak Facebook group yang sudah lolos kriteria member BS inti Whatsapp.

Social Media Squad:
Rani Lukman (Rani) sebagai supervisor
Officers yang bertugas diantaranya Devi Purwati (Devi), Khrairunnisa (Ica), dan Savitri Hutapea (Savitri).
Tugas mereka memberikan informasi pada member melalui media sosial BS dan menjaga image BS di dunia maya. Walau kesannya gampang, menjadi Social Media Squad itu nggak gampang. Mereka itu orang-orang yang harus memikirkan feed, caption, dan memantau insight.

Photo Editor Squad:
Raydita (Ray) sebagai supervisor
Officers yang bertugas diantaranya Annisa Pertiwi (Nisa) dan Laudita Cahyanti (Lauchie).
Tugas mereka adalah membuat design dari design collab sampai design feed. Tugas mereka juga sama beratnya dengan divisi lain, terutama saat collab.

Beberapa pengurus BS saya tahu dan kenal baik secara langsung maupun hanya mengenal melalui social medianya saja. Bisa dilihat bahwa mereka merupakan orang-orang yang nggak hanya aktif di blog namun juga cukup eksis karena jago-jago makeup.



PROGRAM BEAUTIESQUAD
Program yang berjalan secara continue sampai saat ini diantaranya make up collab, sponsored review, dan ngopi cantik.

Salah satu program dari BS yang paling menarik perhatian saya adalah sponsored review yang sempat mengguncangkan dunia beauty blogger karena BS sukses bekerja sama dengan salah satu brand lokal Indonesia yaitu Inez Cosmetics. Sponsored review ini bikin gempar karena setiap membernya mendapatkan hampir seluruh produk Inez. Kebayang seberapa banyaknya kan? Tapi nggak berhenti disitu saja. sponsored review ini pun masih terus berlanjut dengan brand yang nggak kalah menarik lainnya. Salah satunya Nihonmart yang merupakan salah satu toko kosmetik online terpercaya. Nohonmart ini terkenal banget karena menjual berbagai produk skincare maupun makeup dari Jepang dan Korea. Nggak hanya terkenal karena produknya yang lengkap, namun juga menjadi pilihan para beauty lover untuk berbelanja karena harganya yang juga super terjangkau.

Lanjut di program rutin BS yaitu makeup collab. Collab ini lebih rutin lagi dilakukan karena jadwalnya yang berlangsung selama satu bulan sekali. Setiap bulan makeup collab hadir dengan tema yang berbeda-beda. Bedanya, jika sponsored review hanya berlaku bagi member BS terpilih. Makeup collab ini bisa diikuti oleh siapa saja yang ingin bergabung. Sering-sering saja pantau informasinya di instagram Beautiesquad supaya nggak ketinggalan informasinya.

Lalu untuk program BS lainnya yaitu ngopi cantik ini. program ini pun bisa diikuti oleh siapa saja. Saya pun semakin tertarik untuk mengikuti kegiatan ngopi cantik selanjutnya karena memang sangat informatif. Acara ngopi cantik ini pun sekaligus jadi ajang latihan untuk bisa lebih aktif lagi. Aktif bersosialisasi terutama karena saya sendiri termasuk orang pendiam jika dihadapkan dengan banyak orang yang tentunya belum dikenal terlalu dekat.

Dari tadi saya kebanyakan bahas dalamnya BS, lalu sebenarnya gimana sih cara bergabung di komunitas Beautiesquad ini? ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat ini tentunya telah disesuaikan dengan kriteria blogger yang BS harapkan. Jika salah satu aatau dua kriteria belum memenuhi, tenang aja. Nggak usah baper apalagi galau. Anggap saja sebagai acuan untuk menjadi blogger yang lebih baik lagi #eaaaaaa.

SYARAT MASUK BEAUTIESQUAD
1. Memiliki blog. Blog nya harus memiliki template yang SEO friendly dan menarik. Tata cara menulis pun sesuai SEO dan enak dibaca, mulai jumlah kata, keyword, pemilihan kata dan tanda baca. Masalah ambil foto juga menjadi penilaian, apakah penataannya berantakan atau tertata.
2. Top Level Domain. Ini katanya merupakan peraturan yang baru saja disahkan. Karena kedepannya Beautiesquad berencana untuk bekerjasama dalam bentuk paid sponsored, jadi TLD sangat diutamakan. Apa itu TLD? Blog yang belakangnya gak ada embel – embel blogspot.com, atau wordpress.com, atau wix.com yaa. Hanya .com, .net, .id atau yang lainnya.
3. Minimal menulis tentang beauty 2x dalam sebulan.
4. Disiplin dan memiliki attitude. Disiplin terhadap waktu pengumpulan foto collab atau link sponsor lah contohnya. Dan masalah disiplin dan attitude ini gak hanya harus di terapkan di BS, tapi juga saat datang ke event. Menghormati penyelenggara, tepat waktu, sopan, dan memenuhi kewajiban yang diminta oleh penyelenggara karena itu bukan untuk nama baik BS saja, tapi nama bailk kita sendiri.
5. Memiliki fanpage dan twitter selain Instagram. Untuk Instagram, BS menentukan standar yaitu 500 follower. Twitter paling gak 100 follower.
6. Aktif. Aktif terlihat di group, aktif dalam sesi sharing. Intinya aktif berkontribusi
7. Rajin Ikut Collab.
8. Lolos dari pandangan Community Relations, Chief Officers, dan Founder.

Dengan syarat tersebut bisa dipastikan bahwa orang yang ingin masuk kedalam BS memang nggak bisa main-main. Nggak bisa hanya ingin sembarang masuk saja mengingat semua hal yang disyaratkan agak berat khususnya untuk blogger pemula. Akhir kata semoga tulisan ini membantu yaaaaa terutama bagi yang masih berjuang untuk menjadi bagian dari Beatiesquad. Sampai bertemu di tulisan selanjutnya. See you~



Thanks for stopping by^^
For any question or just wanna say hi to me
Ask me on Instagram @misskarulina

You Might Also Like

2 komentar

  1. Makasi udah nulis tentang Beautiesquad ya <3

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  2. weee ada akuh, maacih lyna udah ikutan ngopcaaan :3

    www.khhrnisa.com

    ReplyDelete

2 Popular Posts

Like me on Facebook

Flickr Images

Subscribe