LOVE: STORY AND TIPS: AUDISI MOJANG JAJAKA KAB. BANDUNG

9:45 am

Postingan "LOVE" pertama di bulan agustus ini saya akan cerita pengalaman saat mengikuti Pemilihan Mojang Jajaka Kabupaten Bandung ( 2015 ) kemarin. Acaranya ada setiap tahun dan kebetulan tahun ini pendaftarannya sudah dibuka sejak satu bulanan yang lalu tapi 'seperti biasa' niat mengikuti audisinya hanya niat tanpa usaha yang sesungguhnya. Maksud dari usaha sesungguhnya? Nanti aja saya bahas dibawah yaa.

Sampai akhirnya H-1 technical meeting yang mana juga merupakan hari terakhir pendaftarannya saya bikin mama repot minta antar kesana kemari untuk melengkapi persyaratannya. Ngomong-ngomong persyaratannya itu diantaranya:
- mengisi formulir ( formulirnya kemaren saya download )
- surat izin orang tua ( bisa dibuat masing-masing aja kali yaa )
- Pass Foto 4x6, Foto Closeup dan Seluruh badan ukuran 4R (masing-masing 3 buah)
- surat keterangan sehat
- surat rekomendasi dari kecamatan ( tapi waktu itu saya belum sempat ngurus ini dan tapi masih bisa mendaftar dan mengikuti audisinya. Akang teteh nya emang baik-baik banget hehe ) dan ternyata memang biasanya surat ini tuh hanya untuk yang nanti nya masuk finalis, jadi saat pendaftaran memang belum diperlukan.
* Technical Meeting
Karena saya belum daftar, jadi pagi-pagi banget saya udah berangkat dianter si adik, katanya techmeet dimulai jam 08.00 dan padahal ternyata techmeet nya dimulai jam 09.00 >> ini sih karena salah informasi, karena saya nggak on paket internet jadi buta informasi terbaru nya gitu -_-"

Pada acara techmeet, lumayan bnyak informasi yang saya dapat termsuk jadi tau juga bagaimana cara wawanohan mojang jajaka. Peserta yang dateng terus nambah tiap jam dan katanya akan terus bertambah sampai hari Audisi nya nanti. Dan emang bener banget deh itu huhuhu

* Hari- H
Tadi saya pulang jam 08.30 malem, sampai acara pengumumannya selesai dengan hasil? BELUM LOLOS! Hiks :'(

Sedih? Iyaaa
Seneng? Juga iya karena jadi nggak penasaran lagi audisi mojang jajaka itu seperti apa. Oia soalnya ini pertama kali saya ikutan setelah menunda nunda dengan alesan belum siap mulu. Kalau ditanya kesiapan mah,,, memang nggak pernah ada yang bener-bener siap yaaaaaa :p

Dulu waktu masih sekolah (SMA) penasaran banget pengen tau mojang jajaka itu ngapain aja, pengen banget jadi bagian didalamnya, komunitas yang super positif karena didalamnya banyak banget orang-orang berbakat yang menginspirasi, disana juga bisa berbagi ide untuk memajukan parawisata lokal daerah kita dan rasanya seru karena jadi terkenal :p

Tapi yaa itu tadi, terkenal karena hal-hal positif / bakat yang positif. Duh siapa yang nggak mau?

Tanya temen yang dulu pernah audisi, tanya-tanya temen juga yang sudah pernah jadi finalis, tapi hasilnya dari tahun ke tahun saya merasa gapernah siap ikutan, sampai akhirnya siap nggak siap harus siap karena kapan lagi saya bisa ikutan dan mau sampai kapan saya siap-siap terus hahaha. Sampai saya akhirnya mendaftar dan ikut audisi dengan persiapan yang pas-pas an malah bisa dibilang tanpa persiapan. Kesalahnanya lagi saya nggak tanya sana sini *lagi* karena alasan malu dan gengsi. Jadi pas hari- H audisi bisa dibilang kacau banget :(

Dan sekarang disini saya akan memberikan beberapa tips untuk orang-orang yang kurang percaya diri dan takut seperti saya tapi pengen banget coba daftar mojang jajaka Kabupaten Bandung dan namun bingung harus gimana. Saya mau share tios sukses di pemilihan Mojang Jajaka Kabupaten Bandung berdasarkan pengalaman saya kemarin.

1. Persiapan
Selama mungkin waktu persiapan kita akan lebih baik lagi hasil yang kita peroleh. Persiapan disini bisa untuk belajar bahasa asing, mencari tau informasi terbaru mengenai program pemerintahan kabupaten Bandung, mengenal betul semua informasi dan kondisi kecamatan kita, terus berlatih untuk mengasah bakat dan rajin-rajin cari informasi, lihat berita, baca buku, pokoknya apapun yang berbentuk informasi terbaru mengenai kepariwisataan wajib banget diketahui. Persiapan unjuk kabisa pun tak kalah penting karena termasuk penilaian yang cukup besar. Beberapa contoh bakat yang bisa ditampilkan misalnya: tari, nyanyi, baca sajak, pupuh, maen alat musik yang berhubungan dengan kebudayaan sunda. Seperti tari merak, nyanyi manuk dadali, baca sajak sunda dan sebenernya bisa bakat apa saja yang kita kuasai dan akan lebih baik bila berhubungan dengan kebudayaan sunda.

2. Bertanya
Ini wajib banget,
- tanya pada orang yang pernah ikut audisi serupa tapi dari pengalaman saya "nggak semua orang bisa jujur dan mendukung kita" jadi kalau bisa tanya satu atau dua orang pun cukup asal orang yang tepat. Karena dengan begitu artinya minimal kita punya sedikit gambaran walaupun sebenernya audisi tiap tahun akan ada sedikit perbedaan baik mengenai tes tertulis ataupun interview nya.
- tanya pada orang yang telah terpilih dan dari pengalaman saya kalau kita deket sama orang yang minimal pernah jadi finalis, ini bakalan lebih baik lagi dan akan banyak membantu kita untuk kesiapan kita nantinya.

3. Usaha dan terus berdo'a
Ini sih sebenernya berhubungan sama ilmu ikhlas. Setelah persiapan kita matang, kita ikuti audisinya dengan lancar dan ternyata saat pengumuman kita menang berarti "alhamdulillah" dan namun ada juga beberapa yang hasilnya justru gagal. Sebagi contoh nih, waktu techmeet kemarin saya punya temen baru. Temen saya itu bagus banget unjuk kabisanya, serius bagus banget. Dia juga cerita kalau pas tes tertulis dan unjuk kabisa dia lancar jaya bahkan setelah dia tampil unjuk kabisa pun salah satu panitia sampe bilang kamu pasti lolos jadi finalis. Namun hasilnya diluar dugaan. Dia nggak masuk 20 besar mojang dan itulah mungkin yang dinamakan keberuntungan. Kadang ada beberapa orang yang harus nyoba 1-3 kali audisi dan baru deh lolos tapi ada juga yang baru sekali dan langsung lolos. Intinya kalau sudah rezeki nya nggak akan kemana :)

Oia saat audisi kemarin itu ada tiga tahapan;
- test tertulis, kemarin itu saya wajib menjawab soal (ada 50 soal) namun hanya menjawab pertanyaan dengan no.soal genap saja sedangkan no.ganjil di isi jajaka. Lalu setelah itu membuat esai tentang salah satu tempat wisata di Kabupaten Bandung minimal satu halaman folio.
- interview, saya dihadapkan dengan tiga orang juri yang bertanya tentang informasi diri kita dengan menggunakan bhs asing, lalu ditanya beberapa tempat wisata di kab Bandung dengan bhs asing, lalu juri kedua tanya tentang pengetahuan umum dan kepemerintahan, dan juri yang ketiga bertanya tentang kebudayaan sunda.
- unjuk kabisa, yang mau saya kasih tau disini. Unjuk kabisa ditampilkan sesuai nomor urut yang kita peroleh saat daftar ulang sebelum audisi dimulai. Jadi kalau datang telat kaya saya dapat no akhir, duduk pun jadi di kursi akhir dan walaupun proses interview di acak (no awal bisa jadi akhir ataupun sebaliknya) tapi untuk unjuk kabisa kemarin sama sekali nggak diacak. Jadi saya nunggu sampai sore menjelang magrib huffffft

Ps: audisi setiap tahunnya mungkin akan berbeda yaa (beda cara, beda panitia, beda soal dsb) jadi disini saya hanya memberikan acuan saja mungkin kurang lebih seperti itu karena disini saya hanya berbagi pengalaman saya sendiri saat audisi kemarin :)

Oia maksud dari usaha sesungguhnya itu artinya penuh kesiapan, bener-bener siap untuk menguji pengetahuan kita seputar Kabupaten Bandung. Menguji kemampuan kita dengan orang lain, dan yang pasti siap menjadi duta pariwisata Kabupaten Bandung. "Lahir dan besar di Kab. Bandung, menghirup udara, menginjakan tanah disini. Apa yang sudah kita berikan pada Kab. Bandung?"

Dengan tulisan ini semoga menginspirasi dan membantu teman-teman yang akan ikut serta tahun mendatang yaitu Pemilihan Mojang Jajaka Kabupaten Bandung 2016. Oia kalau-kalau belum lolos ditahun depan nanti, jangan patah semangat yaaa karena memang "nggak akan pernah ada keringat yang tidak di bayar" oia itu kata-kata yang saya inget dari teh Dewi pinilih hiji Moka Kab. Bandung tahun 2014 loh. Walaupun saya salah satu yang tidak lolos tapi dengan menjadi peserta pun banyak banget ilmu yang saya dapat disana, selain itu nambah-nambah teman juga. Dan.. Dan.. Dan.. Sebelum ceritanya semakin kesana kemari, saya tutup saja yaa. see you...



Thanks for stopping by^^ 
For any question or just wanna say hi to me 

You Might Also Like

1 komentar

2 Popular Posts

Like me on Facebook

Flickr Images

Subscribe