TRAVEL: DUFAN

1:03 am

Musim liburan tiba, keponakan pun akhirnya datang kerumah menemui nenek dan juga saya yaitu tante nya. Ini sudah jadi agenda tahunan keponakan saya yang naik ke kelas 5 SD ini datang ke Bandung namun tiba-tiba rasanya pengen juga bawa dia main keluar. Sebelumnya dia memang sering buka-buka album foto saya pada komputer dan menemukan file liburan saya. Dia lumayan bawel tanya saya ini dimana? Terus kalau foto yang ini dimana? Dan seterusnya. Sampe akhirnya dia menemukan file liburan saya waktu di Dunia Fantasi. Apa itu Dunia Fantasi? Dimana itu Dunia Fantasi? Ada apa aja disana? Pertanyaan itu pun keluar dari mulut keponakan tercinta dan sebagai tante alias bibi yang baik hati :p , sayapun menjelaskan kepadanya tentang apa itu Dunia Fantasi.

Dunia Fantasi atau disebut juga Dufan (juga disebut " Do Fun ") adalah tempat hiburan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol (Ancol taman impian), Jakarta Utara, Indonesia. Dunia Fantasi mempunyai maskot berupa kera bekantan yang diberi nama Dufan (singkatan dari Dunia Fantasi). Dunia Fantasi dibagi dalam beberapa kawasan dengan tema tersendiri dan ciri khas wilayah masing-masing. Pembagian kawasan ini ditujukan untuk membangkitkan imajinasi pengunjung yang diharapkan merasakan sensasi berjalan-jalan pada daerah Jakarta zaman dahulu, Eropa , Amerika , Indonesia , Asia , Fantasi Yunani , Fantasi Hikayat , Balara, dan Istabon. Selain atraksi permainan, kawasan ini juga memiliki sejumlah restoran dan toko-toko suvenir. Luas Dunia Fantasi mencapai 9,5 hektare dari rencana pembangunan 552 hektare kawasan hiburan terpadu Taman Impian Jaya Ancol (source: here).

Dibawah ini beberapa wahana yang ada di Dunia Fantasi yang sudah saya rangkum:



Source picture: here

Liburan di Dufan ini saya sudah pernah melakukannya sebanyak dua kali. Pertama itu waktu bareng teman-teman SMP sekitar tahun 2005, dulu itu lagi happening banget wahana Tornado sebagai wahana terbaru dari Dunia Fantasi dan saya pun alhamdulillah sempat naik dua kali bareng temen-temen. Rasanya nggak ada kata lain kecuali seruuuuuuuuuuuuu!


Foto saya dan teman-teman SMP
( kalau cari saya, yang pakai baju hitam bergambar nightmare yang ada dijajaran bawah :D )

Liburan kedua kalinya saya datang bersama keluarga. Kedatangan kedua ini sekitar tahun 2011, waktu itu lagi happening Hysteria sebagai wahana  baru dari Dunia Fantasi. Walaupun nggak sempet naik karena nggak dapat izin dari sang mama ditambah kakak-kakak saya yang pada nggak mau nemenin. Yasudalaaah.. Akhirnya dengan sangat sedih saya nggak coba wahana Histeria :(

Waktu kesana bareng keluarga, saya nggak banyak naik wahana karena kondisinya yang lumayan penuh jadi antrinya untuk satu wahana saja bisa satu sampai dua jam. Contohnya waktu ngantri di Niagara-gara, hampir dua jam lamanya huhuhu dan tapi worthed banget sama penantiannya lho. Seru, kaget, basah, huh pokoknya seneng banget bisa teriak lepas saat naik wahana ini. Saya dan kakak, adik serta saudara saya juga sempat mengambil/membeli foto yang diambil saat kita menaiki wahana ini, kalau nggak salah waktu itu harganya masih IDR 25.000 untuk satu foto. Untuk fotonya sendiri prosesnya cepet, nggak pake nunggu lama dan banyak pilihan fotonya ko, tapi kita ambil yang ini :

Saya, adik, saudara dan kakak-kakak saya.
( Saya yang paling belakang, mohon abaikan muka saya yang lagi menikmati niagara-gara ini :p )

Oia ngomong-ngomong soal antrian yang lama ini, untuk sekarang ini bisa banget nggak kita alami karena Dufan sudah menyediakan fasilitas Fast Track artinya kita punya antrian khusus di beberapa wahana favorite ( tapi ini disesuaikan dengan tiket masuk yang sebelumnya kita beli yaa ).

Liburan di Dufan bareng temen-temen itu seru, bareng keluarga juga seru. Yaa memang sih waktu kesana itu mama tersayangku nggak bisa naik wahana yang ekstrim-ekstrim tapi dia keliatan seneng banget bisa mengasuh anak-anaknya, jalan-jalan, duduk-duduk kalau sudah mulai capek dan ngomel ini itu kalau kita (anaknya) mau naik wahana yang ekstrim hihihihi. Tapi seru aja kalau kata saya mah liburan di Dufan bareng keluarga itu :D

Lalu kalau ke Dufan bawa anak kecil, nih. Saya sih belum pernah sebenernya karena waktu bareng keluarga pun nggak bawa anak kecil (belum punya keponakan hehehe). Tapi kayanya perlu di coba, apalagi buat keponakan saya yang lagi liburan sekarang ini karena ternyata di Dufan tahun 2015 sekarang punya wahana baru yaitu Hello Kitty Adventure, nggak baru-baru amat ko, sudah sekitar 6 bulan yang lalu wahana ini ada di Dufan. Mau tau disana itu ada apa saja? Dan seperti apa? Saya juga belum pernah hehehe, jadi datang langsung kesana aja yaa, Siapa tau nanti kita ketemu :D

Buat yang penasaran banget tentang Hello Kitty Adventure ini, saya kasih bocorannya sedikit, jadi wahana “HELLO KITTY ADVENTURE” ini adalah sebagai hasil kerjasama dengan Sanrio Jepang, wahana ini akan menghadirkan Hello Kitty, My Melody, KeroKeroKeroppi, Bad Batdz-Maru dengans erangkaian konten lokal Indonesia sehingga kita tidak dapat menemukan keunikan wahana ini di tempat lain kecuali hanya di Dufan Ancol (source: here). Intinya sih yaa all about Hello Kitty ada di Hello Kitty Adventure ini dan cuma ada di Dufan.
Hello Kitty Adventure, Dunia Fantasi Ancol
source picture: here

Untuk promo Dufan kali ini pun sungguh menggiurkan karena ternyata dengan membeli tiket Annual Pass seharga IDR 260.000 selama bulan juni ini kita bisa mendapatkan fasilitas gratis masuk Dufan kapan saja, senin-jumat serta sabtu/minggu dan hari libur lainnya selama satu tahun (masa berlaku tiketnya). Wow banget kan? Kalau saja rumah saya di Jakarta, udah pasti banget bakalan tiap minggu/minimal setiap bulan saya datang ke Dufan. Mumpung gratisssssss! Oia, ada lagi yang gratis nih, untuk anak dengan tinggi badan dibawah 100 cm masuk Dufan pun juga gratis jadi nggak perlu pusing buat yang bawa anak banyak selama anaknya masih kecil-kecil hehehe :p

Tiket Dufan pun nggak mutlak seharga IDR 260.000 ko. Banyak banget pilihan lainnya yang bisa dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan. Cek saja Harga tiket Dufan nya dan langsung deh pilih sesuai kebutuhan. Sekarang ini tiketnya selain bisa di beli di loket Dufan, 7-Eleven dan Indomaret juga bisa dibeli secara online lho, lebih praktis yeaaay!
Dari kiri ke kanan: Adik saya, kakak saya, saya

Akhir kata itulah cerita liburan seru di Dufan saya. Masih mikir mau liburan bareng keluarga, teman, pacar ataupun keponakan kemana? ayo gandeng tangan mereka dan bawa ke Dunia Fantasi ;)



Thanks for stopping by^^ 
For any question or just wanna say hi to me 

You Might Also Like

0 komentar

2 Popular Posts

Like me on Facebook

Flickr Images

Subscribe