Tiga alasan mengapa memilih produk lokal

7:00 am

Assalamu'alaikum Miss Buddies,
Tanpa disadari produk yang aku pakai dan aku bahas di blog ini semakin kesini banyaknya adalah produk lokal. Setelah dipikir-pikir, selain karena bangga. Alasan mengapa memilih produk lokal, buat aku sendiri ternyata ada tiga, diantaranya:
1. Sebagai bentuk dukungan terhadap ekonomi negara
Poin pertama ini kayanya jadi alasan paling banyak, dan satu-satunya jawaban 'pasti' dari sejuta umat penduduk Indonesia. Aku pribadi sebagai mantan anak ekonomi, sering banget ingetin orang terdekat khususnya keluarga untuk selalu utamakan produk lokal. Karena saat kita membeli produk lokal artinya kita telah membantu meningkatkan devisa negara untuk memajukan perekonomian.

2. Tren Local Pride yang semakin hits dan menjamur
Hayooo ngaku siapa yang sering minta rekomendasi skincare produk lokal? Atau unjuk diri yang rajin scroll blog ini cuma untuk bacain review produk lokal yang aku bahas. Faktanya memang pembaca blog aku pun paling banyak baca postingan tentang produk lokal. Sehingga aku pun semakin semangat untuk membeli, memakai dan membahas produk lokal disini hehe.

3. Bisa mendapatkan kualitas produk yang baik namun dengan harga yang lebih terjangkau
Ngomongin soal harga, sebetulnya untuk setiap orang itu adalah relatif. Tetapi aku yakin produk lokal masih jadi pilihan utama karena harganya yang terbilang murah sehingga terjangkau dan bisa menembus semua kalangan. Nggak ketinggalan dibarengi dengan kualitas yang semakin kesini semakin baik dan lengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan kita sebagai konsumen.

Dan memang seiring dengan perkembangan industri kecantikan di Indonesia, animo masyarakat terhadap merek kosmetik lokal semakin meningkat secara signifikan. Merek kosmetik lokal menjadi daya tarik tersendiri bagi skincare enthusiast karena kemampuan merek lokal dalam memahami produk yang lebih sesuai dengan jenis kulit, warna kulit, dan kebutuhan konsumen lokal.
Selain itu, faktor lain yang menjadi latar belakang tingginya animo terhadap merek kosmetik lokal yaitu kualitas produk yang semakin kompetitif dengan standar produksi, bahan baku, dan regulasi yang baik, dengan harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan merek internasional. Jadi kalau mau main perbandingan produk lokal dan non lokal sekarang ini, jawabannya adalah siapa takut lol.

Review Dear me beauty face serum 1% Bakuchiol + Blueberry Extract
Oia, adapun salah satu produk lokal yang lagi intens aku pakai belakangan ini adalah dari brand lokal Dear Me Beauty, yaitu Dear me beauty face serum 1% Bakuchiol + Blueberry Extract. Serum pengganti atau alternatif retinol ini sebetulnya udah lumayan lama aku incar. Tepatnya sejak anak kedua aku lahir, dan nyesel kenapa aku baru cobain produknya sekarang.
Dulu tuh aku maju mundur karena ibu hamil dan menyusui memang nggak bisa pakai produk sembarang. Terutama Retinol yang disarankan untuk tidak digunakan saat hamil ataupun menyusui. Jadi meskipun kulit kusam, kering, dan nggak terawat pun aku pilih untuk nggak pakai apa-apa. Tetapi sekarang nggak lagi. Karena ternyata permasalahan kulitku yang nggak diatasi sebelumnya ini malah bikin masalah baru. Ditambah umur yang memasuki kepala tiga, tanda penuaan dini seperti keriput pun mulai muncul.

Pilihan skincare anti aging untuk ibu menyusui aku pun jatuh pada Serum Bakuchiol Dear Me ini karena paling menarik hati. Pertama-tama mulai dari tampilan luarnya yang dikemas dalam packaging yang simple tapi bikin jatuh cinta pada pandangan pertama.
Dear me Bakuchiol Serum ini dikemas dalam botol kaca berbentuk bulat. Dilengkapi dengan tutup pipet yang juga adalah aplikator untuk kita pick up produknya. Kebetulan karena ada dua kemasan. Aku pakai kemasan kecilnya 12 ml, untuk cobain dulu. And surprisingly produknya cocok dikulit aku.

Tekstur Serum Bakuchiol Dear Me Beauty yang kental dan berwarna putih pekat ini bisa terbilang ringan. Masuk dalam kategori serum yang cepat meresap ke dalam kulit dan nggak berasa lengket sama sekali. Oia, ada sedikit aroma harum herbal nya dan saat pemakaian pertama di kulitku terasa sedikit perih. Namun di pemakaian seterusnya kulitku sudah beradaptasi dan nggak berasa perih lagi.


Rutin digunakan 2x sehari pada pagi dan malam hari. Hasilnya pada wajahku pun adalah kulit yang tampak lebih cerah/glowing, lembab, terasa plump dan juga kencang. Untuk atasi kerutan di wajah memang belum terlihat signifikan tapi so far aku puas banget dengan hasilnya. Karena kulitku pun jadi lebih sehat terawat.

Seperti yang aku mention sebelumnya, Dear Me Serum Bakuchiol ini jadi serum alternatif retinol karena buat aku yang lagi menyusui produknya aman. Juga diklaim dapat digunakan pada kulit sensitif dan dipercaya telah teruji secara klinis. Ngomong-ngomong produknya telah teruji secara klinis oleh siapa yaa?

Nah loh, nggak perlu over thinking tentang pengujian produk Dear me beauty face serum 1% Bakuchiol + Blueberry Extract yaa. Karena ternyata merupakan salah satu produk skincare by Skinproof yang telah diuji.


Sedikit tentang Skinproof
Skinproof, merupakan anak perusahaan Arya Noble yang bergerak di bidang evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen, sejak 2017 telah dipercaya oleh berbagai perusahaan kosmetik ternama dalam hal consumer insight, cosmetic claim support, sensory research hingga konsultasi dan layanan regulasi.

“Kami membantu pelaku usaha kosmetik mulai dari proses product development, cost reduction, identifikasi keunikan produk, bench marking dengan produk sejenis atau kompetitor, hingga respon konsumen, untuk mengembangkan produk terbaik yang aman dan sesuai regulasi,” tambah Theresia, Head of Skinproof.

Theresia juga memaparkan bahwa saat ini konsumen semakin paham akan kandungan dan keamanan produk kosmetik, sehingga mendorong produsen kosmetik untuk terus berinovasi mengembangkan produk yang layak dan sesuai dengan regulasi.
Kalau kita simpulkan. Perkembangan industri kecantikan di Indonesia saat ini, memang membuat animo masyarakat terhadap merek kosmetik lokal di Indonesia terus meningkat karena memang masyarakat pun semakin menghargai kualitas, inovasi, dan identitas kebangsaan yang ditawarkan oleh merek-merek tersebut. Tingginya animo ini memberikan peluang besar bagi merek-merek lokal untuk terus berkembang dan bersaing di pasar kecantikan dimana konsumen semakin kritis dalam pemilihan produk kosmetik bukan hanya dari segi klaim dan harga produk, tetapi juga keamanan produk yang telah teruji secara klinis.

Sehingga memilih produk lokal hanya karena harganya terjangkau saja itu tidak cukup. Pastikan setiap produk yang kita gunakan telah teruji oleh perusahaan seperti Skinproof, sehingga produknya pun bisa dipastikan aman saat digunakan. Juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat produk kecantikan ini sangat personal dan nggak boleh asal sembarangan pilih.




More information about Skinproof:

You Might Also Like

0 komentar

2 Popular Posts

Like me on Facebook

Flickr Images

Subscribe