LOVE: IHB Blog Post Challenge: BTS of DaretoChange

12:44 am

Sejak punya blog ini saya jadi semangat lagi menulis dan membaca. Tiap hari ada saja yang dipikirkan untuk ditulis dan atau untuk dibaca. Awalnya memang untuk menulis apa pun tentang saya namun lama-lama makin mengkerucut. Saya lebih prefer menulis tentang Fashion, Beauty, Love and Friendship di kehidupan saya. Walaupun ternyata dari empat Tema tersebut saya lebih khusus membahas tentang Beauty, isinya lebih ke skincare sih kalau buat sekarang ini.

Kalau disuruh ceritain gimana dibalik layarnya pembuatan suatu post di blog ini sebenernya sama sekali nggak ada yang khusus-khusus banget                --- Saya hanya menulis apa yang ingin saya tulis.

Misalnya:

Fashion, saya nggak pernah pakai outfit yang sengaja dipakai khusus untuk mengambil foto yang nantinya akan di share disini. Justru dari kegiatan sehari-hari yang kadang outfitnya sedikit beda dari biasanya, atau baju aneh yang sukses saya mix and match, nemu tempat yang tepat disaat pakai baju yang tepat kaya #ootd hijab part 2 saya ini atau waktu saya beli baju yang super cute yang saya dapat dari salah satu online store, beberapa hal itulah yang biasanya jadi bahan untuk saya menulis.

Beauty, kalau yang ini sih sebenernya karena pengen banget atasin masalah kulit wajah saya yang berminyak dan acne prone karena saya bukan orang yang addict makeup malah bisa dibilang cuek banget, tapi karena merasa udah gede a.k.a menuju dewasa rasanya penting banget merawat tubuh dan wajah apalagi kalau ditulis ceritanya dari tahap satu ke tahap selanjutnya rasanya seru banget juga bikin saya makin rajin lagi perawatannya hehehe

Tapi kalau mau share post tentang beauty ini saya kudu rada ekstra gitu karena beberapa hal; hasil foto produk yang harus menarik dong yaa, harus lengkap dan hasil penggunaan makeup/skincare nya trust nggak asal-asalan apalagi bohong. It's really big NO!

Apalagi sejak rajin review produk ini dan itu, belakangan memang mulai banyak sponsor dari sana sini. Akhirnya sebelum bikin judul saya prepare beberapa hal dibawah ini:
  1. Foto produk di tempat yang pencahayaannya pas, tempatnya bersih, terus mulai deh foto dari bagian depan kemasan, belakang kemasan, tekstur si produk sampai hasil blend produknya. Biasanya foto-foto produk ini jarang banget yang sekali jadi. Maka biasanya si produk saya jepret aja terus sampai nemu yang hasilnya bagus hehehe
  2. Mulai mencatat; kapan saya mulai pakai produk ini, beli dimana dan harganya berapa ( kalau produknya saya beli sendiri ), juga mencatat first impression saya sama si produk, mencatat kelebihan dan kekurangannya selama kurang lebih 2 mingguan saya pakai produknya. Juga beberapa catatan khusus yang biasanya diwajibkan ditulis dari pihak sponsor.
  3. Mulai ngedit foto dan mencicil menulis beberapa paragraf pada sebuah post tentang hal-hal yang bisa ditulis terlebih dahulu lalu simpan sebagai draft pada blog.
  4. Saya blogwalking terlebih dahulu pada blog teman-teman beauty blogger lainnya  untuk menambah-nambah informasi tentang si produk yang kadang saya lupa cantumkan.
  5. Setelah semuanya siap, kesimpulan pun sudah saya persiapkan dengan sejujur-jujurnya maka tulisanpun siap saya published dan saya share di sosmed.

Ribet yaa? Tapi mau gimana lagi, kalau sudah cinta menulis mah apa boleh buat hehehe
Post tentang beauty ini memang yang paling lama untuk di share karena kadang untuk review sebuah produk khususnya produk sponsore/endorsement saya semacam punya tanggung jawab lebih buat ngemas produk tsb dalam postingan yang bagus, menarik tapi nggak keliatan hard selling dan nge-iklan banget terus yang pasti sih jujur :)

Love, ini yang paling saya suka. Karena disini saya bebas mau nulis tentang apapun yang saya suka. Tentang review buku, tentang review film, tentang cerita travelling saya, tentang #20factsAboutMe yang dulu happening banget tuh yaa, terus tentang pertama kali saya bergabung di indonesian-hijabblogger.com juga, pokoknya apa aja deh yang saya suka.



Friendship, post tentang Friendship ini paling jarang banget dibuat tapi sejujurnya suka banget saat harus ceritain tenteng seseorng yang bisa dibilang berarti untuk kita, pernah juga saya post tentang Ratih Day's yaitu hari dimana sahabat terbaik saya wisuda. Yang saya ceritain bukan hanya untuk berbagi kebahagian di hari bahagianya dan untuk cerita betapa bangganya saya punya sahabat seperti dia tapi dibalik itu sebagai motivasi saya juga supaya cepet lulus kuliah, amin :)

Nah itu diantaranya Behind The Scene of my blog post: DaretoChange, sama sekali simple kan? Sekarang saya mau share kapan dan dimana saya biasanya ngeblog.

Kapan, Menurut saya waktu yang paling tepat untuk buat suatu postingan tentang blog adalah saat kita mau. Saat kita pengen banget nulis, ini adalah waktu terbaik menurut saya. Kadang yang terjadwalpun banyak malesnya huhu. Kalau saya lagi mood posting satu post per hari bisa saya lakuin. Termasuk saat lagi nggak mau bikin tulisan apapun, saya nggak akan maksain tapi biasanya saya fokus aja cari inspirasi dengan membaca (kalau untuk membaca saya nggak pernah ada bosennya ko). Membaca majalah dan lebih sering membaca blog juga sih: cek Blogroll IHB member yang inspiratif, blogwalking temen-temen beauty blogger juga beberapa web tentang kecantikan dan kesehatan.

Dimana, Untuk tempat sendiri, favorite saya adalah kamar saya sendiri dan alasannya saat bosen untuk ini itu, saya masuk kamar, bikin postingan, kalau malas saya tinggal blogwalking, dan saat mata, tangan, juga badan udah mulai capek saya tinggal bobo cantik aja hihihi

Sekian yang dapat saya share kali ini, thanks for reading :)
Tulisan ini diikut sertakan dalam Indonesian Hijab Blogger Challenge.



Thanks for stopping by^^ 
For any question or just wanna say hi to me 

You Might Also Like

0 komentar

2 Popular Posts

Like me on Facebook

Flickr Images

Subscribe